Sejarah Hari Kesehatan Sedunia, mempertimbangkan jalan masuk kesehatan yang layak

Setiap 7 April, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memperingati hari jadi yang sekaligus dirayakan sebagai Hari Kesehatan Sedunia.

Memberitakannya web legal WHO, di tahun 2024 ini tema yang diangkat ialah “Kesehatanku, hakku.”

Berawal dari usulan Brasil dan Tiongkok

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia slot min depo 5k tidak dapat dilepaskan dari penyusunan WHO dikala konferensi PBB di San Francisco, Amerika Serikat pada 7 April 1948.

Mulanya, pada April 1945, perwakilan Brasil dan Tiongkok mengusulkan penyusunan organisasi kesehatan internasional dengan konstitusi yang patut ditetapkan dalam sebuah konferensi.

Kemudian, pada 15 Februari 1946, Dewan Ekonomi dan Sosial PBB menginstruksikan Sekretaris Jenderal untuk mengadakan konferensi hal yang demikian.

Pada 18 Maret hingga 5 April 1946, komite persiapan teknis melangsungkan pertemuan di Paris dan membentuk proposal konstitusi yang dipresentasikan pada Konferensi Kesehatan Internasional di New York, Amerika Serikat pada 19 Juni hingga 22 Juli 1946.

Menurut proposal hal yang demikian, kesudahannya konferensi merancang dan mengadopsi konstitusi WHO, yang kemudian ditandatangani 22 Juli 1946 oleh perwakilan 51 anggota PBB dan 10 negara lainnya.

Dalam konferensi hal yang demikian, juga dibentuk komisi sementara untuk menjalankan kesibukan tertentu dari institusi kesehatan yang ada, sambil menunggu konstitusi WHO ditetapkan.

Pada pembukaan dan pasal 69 Konstitusi WHO, mengucapkan bahwa WHO patut menjadi badan khusus PBB, meski pada pasal 80 mengucapkan, konstitusi baru dapat mulai berlaku dikala 26 anggota PBB telah meratifikasinya (meresmikan).

Hingga pada 7 April 1948, konstitusi hal yang demikian mulai berlaku dikala 26 dari 61 negara anggota PBB telah meratifikasinya.

Majelis Kesehatan pertama dibuka di Jenewa, Swiss, pada tanggal 24 Juni 1948, yang dihadiri oleh 53 dari 55 negara anggota PBB. Pada majelis hal yang demikian, diputuskan bahwa komisi sementara telah dibubarkan dan lantas digantikan oleh WHO.

Tujuan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2024

Tema Hari Kesehatan Sedunia tahun 2024 diambil dengan tujuan untuk mempertimbangkan hak-hak setiap orang akan jalan masuk layanan kesehatan dapat terpenuhi. Kecuali itu, hak-hak terhadap pendidikan, info yang berkualitas, serta jalan masuk air minum yang bersih dan layak juga patut menjadi perhatian.

Lewat tema hal yang demikian, PBB juga mau mempertimbangkan semua manusia mendapatkan hak atas udara bersih, nutrisi yang bagus, perumahan berkualitas, keadaan kerja dan lingkungan yang layak, serta kebebasan dari diskriminasi.

Di tahun 2024 ini, Hari Kesehatan Sedunia bertepatan dengan momen Ramadhan 1445 H yang dilakukan oleh umat Muslim.

Untuk itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono berpesan agar masyarakat tetap menjaga asupan makanan dengan nutrisi setara.

“Kiat sehat selama puasa untuk masyarakat, pertama ialah menjalankan evaluasi permasalahan kesehatan yang terkait dengan nutrisi setara. Jadi, makannya tidak boleh berlebihan, tetapi setara,” ujar Dante.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *