Apakah Kesehatan Penyakit Kanker Mulut Bisa Menular, Berikut Ulasannya

Kanker mulut rahim tak bisa menular seperti flu yang bisa menyebar melewati bersentuhan, berkecupan, ataupun terkait seksual. Jika kanker, termasuk kanker mulut rahim bisa menular, tentu telah dari dahulu dunia mengalami wabah ini.

Virus HPV Bisa Menular, Tapi Tak dengan Kanker Mulut

Mungkin fakta ini bisa jadi membingungkan. Sebagian orang menyangka bahwa kanker mulut rahim bisa menular melewati infeksi virus yang menyebar melewati kekerabatan seksual.

Virus HPV, yang beberapa di antaranya menyebabkan kanker mulut rahim, memang bisa menular. Tapi kanker mulut rahim sendiri tak menular. Faktanya, HPV sendiri termasuk penyakit menular seksual dan unkind.info amat acap kali dialami orang yang aktif secara seksual. Kutil kelamin imbas HPV, seumpama, bisa menular melewati kekerabatan seksual. Tapi lazimnya, infeksi HPV malah bisa sirna dengan sendirinya dan hanya beberapa tipe HPV yang terkait dengan kanker mulut rahim.

Mereka yang terinfeksi virus HPV bisa lebih berisiko mengalami kanker mulut rahim. Tapi bukan berarti mereka akan seketika mengalami kanker. Sel kanker dalam tubuh seseorang tak bisa hidup dalam tubuh orang lain yang sehat. Cara kekebalan tubuh akan mengenali sel ini dan menghancurkannya. Tapi, khusus untuk HPV, studi menampakkan tubuh kita tak akan menghasilkan antibodi yang cukup tinggi untuk mencegah re-infeksi (terinfeksi kembali). Oleh sebab itu, disarankan untuk melaksanakan vaksinasi HPV.

Ada yang Lebih Berisiko

Jika seorang ibu hamil mengalami infeksi HPV dikala persalinan, ada risiko kecil infeksi bisa menular pada anak. Tapi kalaupun ini terjadi, lazimnya infeksi akan sirna dengan sendirinya.

Dan meskipun ada beberapa tipe kanker yang bisa menyebar melewati plasenta, melainkan lazimnya kanker tak berakibat pada bayi dalam kandungan.

Lalu mengapa sesama anggota keluarga lebih berisiko mengalami kanker? Karena anggota keluarga ini berbagi gen-gen yang sama, atau mungkin juga terpapar penyebab kanker yang sama.

Akan melainkan, sayangnya, ada kategori orang yang bisa lebih berisiko mengalami kanker. Orang yang mengalami HIV lebih berisiko mengalami beberapa tipe kanker imbas menurunnya cara kekebalan tubuh. Kecuali itu, parasit tertentu dalam tubuh seseorang juga meningkatkan risiko kanker.

Nah, sebab kanker, termasuk kanker mulut rahim tak akan menular, jadi jangan khawatir untuk berdekatan dan menemani orang yang sedang mengalami kanker mulut rahim ya. Mereka justru paling butuh dipandu dan dipeluk agar kuat mendapatkan sakitnya dan menjalani terapi.

Sebagai langkah pencegahan untuk diri sendiri, jangan lupa ya Ladies, untuk memeriksakan diri secara teratur dengan pap smear, dan mendapatkan vaksin HPV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *