Daftar Makanan Khas Maluku yang Kaya Rasa dan Rempah

Semenjak lama Maluku dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah utama di Nusantara. Karena itu, tak heran jikalau makanan-makanan khas Maluku memiliki cita rasa yang tinggi.
Sejarah mencatat, Maluku dulunya menjadi sentra perdagangan dan penghasil cengkeh, pala, dan lada di dunia tepatnya di Kepulauan Banda. Pada masa kolonial Belanda, kawasan ini malah diperebutkan oleh Belanda, Portugis, dan Inggris.

Selain kekayaan rempahnya, tanah Maluku juga dianugerahi dengan hamparan pemandangan alam yang mempesona. Mulai dari pantai, gunung, hingga dunia bawah lautnya senantiasa menjadi incaran para wisatawan.

Adapun makanan khas Maluku spaceman juga punya cita rasa yang tinggi. Maka berkunjung ke Maluku tak lengkap rasanya jikalau belum mencicipi masakan setempatnya.

Berikut sebagian rekomendasi makanan khas Maluku yang sepatutnya untuk dicoba sebagaimana dirangkum :

  1. Sagu Papeda
    Selain terkenal di Papua, sagu papeda juga merupakan salah satu makanan khas daerah Maluku. Bagi Warga Maluku, sagu lazimnya diciptakan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Sagu papeda merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak hingga kental. Teksturnya lengket menyerupai lem dan rasanya tawar.

Untuk itu lazimnya papeda ini disantap dengan ikan kuah kuning atau dapat juga disandingkan dengan sayur ganemo dari daun melinjo muda.

Selain rasanya yang khas, pengerjaan menikmati sagu juga terbilang unik. Untuk menyantapnya, sepatutnya menggunakan alat khusus seperti sumpit yang terbuat dari bambu. Papeda yang telah diangkat, digulung-gulung menggunakan alat ini lalu dimasukkan ke mulut.

Dari segi kesehatan, papeda termasuk makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan memiliki nutrisi yang tinggi. Jadi tak ada ruginya menyantap makanan satu ini.

  1. Nasi Lapola
    Nasi lapola merupakan salah satu makanan khas Maluku yang lezat dan bergizi. Makanan ini terbuat dari bahan dasar beras, kacang tolo, dan parutan kelapa.

Rasa gurih dari nasi lapola ini dijamin kapabel memanjakan lidah penikmatnya. Belum lagi wangi khas dari daun jeruk dan sereh akan semakin menambah selerah.

Tambahan kacang tolo di dalam nasi ini juga membuat sensasi makan semakin enak. Seporsi nasi lapalo akan membuat santapan Anda semacam itu berkesan.

  1. Pedas Colo-colo
    Selain makanan utama, Maluku juga punya olahan saus pedas yang khas. Namanya saus pedas colo-colo.

Pedas ini diciptakan dari irisan tomat muda, cabai rawit, bawang merah, dan beraneka rempah lainnya. Selanjutnya saus pedas colo-colo dicucuri dengan jeruk nipis dan ditambahkan daun kemangi yang wangi.

Rasa pedas nan segar langsung membanjiri mulut ketika mencobanya.

Umumnya, saus pedas colo-colo ini merupakan makanan komplementer yang sepatutnya ada di setiap aktivitas masakan warga Maluku. Pedas ini betul-betul pantas dinikmati dengan ikan bakar dan nasi panas.

  1. Makanan Khas Maluku, Lalampa
    Sekiranya di daerah lain ada lemper, maka di daerah Maluku ada makanan serupa tapi cenderung berbeda. Namanya merupakan lalampa. Rasanya lebih gurih dan legit.

Lalampa ini berisi beras ketan yang diisi dengan daging ikan tongkol atau ikan cakalang di dalamnya. Sebelum diolah isian ini ditambahkan beraneka bumbu rempah dan minyak sayur.

Setelah itu barulah dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dibakar hingga matang. Semua pengerjaan ini membuat wewangian, bumbu, dan rasa dari lalampa meresap hingga ke bagian dalam.

  1. Ikan Kuah Pala Banda
    Ikan kuah pala banda merupakan salah satu makanan khas Maluku khususnya dari Kepulauan Banda. Dari penampakannya, makanan ini dijamin akan mengundang rasa lapar Anda.

Ikan kuah pala banda merupakan masakan yang berbahan dasar ikan dengan kuah sayurnya yang segar. Makanan ini lazimnya menggunakan ikan kakap atau kerapu.

Cocok namanya, bumbu utama dari ikan kuah ini merupakan pala yang merupakan rempah utama dari Kepulauan Banda. Selanjutnya ditambahkan dengan bumbu penyedap seperti merica, cabai, garam, dan lain sebagainya.

Rasa dari ikan kuah pala banda ini cenderung pedas dan segar. Melainkan tekstur dari daging ikannya gurih dan lembut.

  1. Ikan Bakar Dabu-dabu
    Bagi penggemar ikan bakar, salah satu makanan khas Maluku yang sepatutnya dicoba merupakan ikan bakar dabu-dabu. Sedangkan dabu-dabu lebih terkenal di Manado, tapi Maluku juga punya ikan bakar dabu-dabunya sendiri.

Sensasi saus pedas dabu-dabu yang pedas akan betul-betul pas dinikmati dengan ikan bakar ini. Makanan khas ini betul-betul pantas dinikmati bersama dengan nasi panas.

  1. Gohu Ikan
    Sekiranya di Jepang ada shasimi maka di Maluku ada gohu ikan. Makanan ini sama-sama terbuat dari olahan daging ikan mentah. Dalam bahasa setempat, gohu artinya mengunyah sesuatu yang mentah.

Gohu ikan lazimnya diciptakan dari daging ikan tuna atau ikan cakalang yang segar. Ikan yang masih mentah ini disajikan dalam potongan kecil serupa dadu.

Selanjutnya untuk menghilangkan bau anyir pada ikan, lazimnya dikucuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Selanjutnya daging ikan tersebut ditambahkan dengan beraneka bumbu seperti tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari.

Sensasi rasa gohu ikan ini memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan manis. Bercampur dengan kenyal dan lembut dari daging ikan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *