Kesehatan Hewan Kurban di Jakarta Akan Mulai Diperiksa pada 13 Mei 2024

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mulai memeriksa kesehatan hewan kurban yang masuk ke wilayahnya. Langkah hal yang demikian untuk menetapkan seluruhnya aman dikonsumsi saat Idul Adha 1445 Hijriah.

“Pemeriksaan akan kami mulai pada 13 Mei,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Jumat (10/5/2024), seperti dikutip dari Antara.

Suharini menyebut, pemeriksaan kesehatan spaceman slot hewan kurban menyangkut pemeriksaan dokumen administrasi lalu lintas, kesehatan dan kepantasan di daerah penampungan hewan kurban, hingga pemeriksaan sampel untuk penyakit antraks.

Lalu, melaksanakan pengebalan populasi terhadap ternak ruminansia di DKI Jakarta dengan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), dan Antraks.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dijalankan bekerjasama dengan petugas gabungan yang terdiri atas faktor Dinas KPKP, Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta, dan Kementerian Pertanian.

“Kami berkoordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di daerah pemasok,” sebut Suharini.

Selain itu, mengingat kawasan DKI Jakarta sebagai daerah konsumen yang akan mendapatkan kedatangan hewan kurban dari luar, maka akan dijalankan pencegahan penyebaran Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS).

Dinas KPKP melaksanakan beberapa upaya seperti memakai prosedur lalu lintas hewan kurban sesuai Tata Menteri Pertanian RI Nomor 17 Tahun 2023 seputar Cara Hewan Pengawasan Lalu Lintas Hewan, Produk Hewan, dan Media Pembawa Penyakit Hewan Lainnya di Dalam Seandainya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Nantinya kami juga melaksanakan sosialisasi prosedur lalu lintas hewan kurban terhadap para pelaku usaha pemasok hewan kurban di DKI Jakarta,” ujar Suharini.

Laporkan Hewan Ada Hewan Kurban Sakit

Suharini ingin masyarakat dapat melaporkan terhadap petugas Dinas KPKP DKI setiap kawasan seandainya ditemukan adanya hewan kurban yang sakit.

Sebelumnya, Dinas KPKP DKI Jakarta memperkirakan sekitar 63 ribu ekor hewan kurban dari pelbagai daerah masuk ke Jakarta menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

” belajar dari tahun lalu kenaikan tak lebih dari 3-7 persen. Kurang lebih ada 63 ribu ekor hewan yang akan masuk ke Jakarta. Itu terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (30/4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *